Minggu, 13 Juni 2010

Alat peraga gelas bergiwang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Masalah
Pendidikan pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap manusia Karena dengan pendidikan manusia dapat berdaya guna dan mandiri. Selain itu pula pendidikan sangat penting dalam pembangunan, maka tidak salah jika pemerintah senantiasa mengusahakan untuk meningkat mutu pendidikan baik dari tingkat yang paling rendah maunpun sampai ke tingkat perguruan tinggi.
Mata pelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan setiap jenjang pendidikan dan merupakan bagian integral dari pendidikan nasional dan tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan ilmu pengetahuan lain. Matematika juga merupakan ilmu dasar atau “basic sciens” , yang penerapannya sangat dibutuhkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi. Ironisnya Matematika dikalangan para pelajar merupakan mata pelajaran yang kurang disukai, minat mereka terhadap pelajaran ini rendah sehingga penguasaan peserta didik terhadap mata pelajaran Matematika menjadi sangat kurang.
Dalam pembelajaran Matematika ada banyak faktor yang mempengaruhi keberahasilan belajar peserta didik dan hal – hal yang sering menghambat untuk tercapainya tujuan pembelajaran . karena pada dasarnya setiap anak tidak sama cara belajarnya, demikian pula dalam memahami konsep – konsep abstrak. Melalui tingkat belajar yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya maka guru yang baik adalah guru yang mampu mengajar dengan baik, khususnya pada saat menanamkan konsep baru. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan mampu memberikan bantuan pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran khususnya pada bidang studi matematika.
Objek matematika adalah benda pikiran yang sifatnya abstrak dan tidak dapat diamati dengan panca indera. Dalam mempelajari suatu konsep / prinsip – prinsip matematika diperlukan pengalaman melalui benda – benda nyata (konkret), yaitu media alat peraga yang dapat digunakan sebagai jembatan bagi peserta didik untuk berfikir abstrak.
Oleh karena itu dalam rangka upaya agar peserta didik dapat menguasai konsep – konsep dan teorema matematika, maka penggunaan alat peraga dan alat hitung matematika pada pembelajaran topik – topik tertentu sangat perlu diperhatikan.
Peluang merupakan materi yang menjadi momok bagi sebgaian siswa. Ini ada benarnya mengingat sifat abstrak pada materi peluang sehingga anak sulit memahami dan enggan mempelajarinya lebih lanjut. Untuk itu diperlukan suatu cara agar pembelajaran materi peluang menjadi lebih menarik dan lebih riil dengan melibatkan media dan alat peraga. Salah satunya dengan menggunakan Gelas Bergiwang, khususnya untuk materi permutasi dan kombinasi.

1.2Batasan Masalah
Batasan masalah ini bersifat menyederhanakan dan penyempitan ruang lingkup masalah. Adapun batasan masalahnya adalah
1.Alat peraga digunakan untuk materi peluang pada pembahasan permutasi dan kombinasi.
2.Power point yang digunakan merupakan penjelasan materi peluang pada pembahasan permutasi dan kombinasi.

1.3Rumusan Masalah
Bagaimana cara membuat dan menggunakan media pembelajaran pada materi permutasi dan kombinasi?.

1.4Tujuan Pembahasan
Untuk mengetahui cara membuat dan penggunaan media pembelajaran pada materi permutasi dan kombinasi

1.5Manfaat
a.Bagi dunia pendidikan
Dapat memberikan suatu pertimbangan positif sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan terutama dalam pengajaran bidang studi matematika.
b.Bagi Guru
Dapat dijadikan sebagai inovasi baru dalam mengajar untuk meningkatkan profesionalismenya serta mempermudah guru matematika dalam menciptakan suasana kelas yang mendukung untuk kegiatan belajar mengajar.
Dapat digunakan untuk memusatkan perhatian peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.
c.Bagi peserta didik
Dapat memudahkan peserta didik dalam memahami dan membedakan antara permutasi dan kombinasi.
Dapat meningkatkan motivasi dan minat belajarnya terhadap matematika, yang diharapkan dapat pula meningkatkan prestasi belajarnya.

BAB II
KAJIAN TEORI

2.1Media Pembelajaran
a.Definisi
Media Pembelajaran adalah Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatiaan serta minat peserta (siswa) sedemikian rupa agar terjadi proses belajar yang diharapkan.
b.Tujuan penggunaan Media
1.Menghilangkan Salah Tafsir
2.Menghindarkan Kebosanan
3.Menarik Perhatian dan Minat
4.Mengatasi Keterbatasan obyek
5.Memperlancar proses pembelajaran
6.Pembelajaran lebih efisien dan interaktif
c.Prinsip umum penggunaan media pembelajaran
1.Media tidak dapat 100 % menggantikan peran guru
2.Perlu persiapan yang matang : Siswa, guru, alat/program, tempat
3.Pertimbangan mutu media : handal, sistem, spesifikasi, praktis, keselamatan/ keamanan
4.Media harus jelas dan menarik
5.Ketersediaan media
6.Pertimbangkan waktu yang ada.
d.Manfaat Media Pembelajaran
1.Bahan yang disajikan menjadi lebih jelas maknanya bagi siswa, dan tidak bersifat verbalistik
2.Metode pembelajartan lebih bervariasi
3.Siswa manjadi lebih aktif melakukan beragam aktivitas.
4.Pembelajaran lebih menarik
5.Mengatasi keterbatasan ruang

2.2Alat Peraga
Definisi Alat Peraga
Alat perga merupakan media pengajaran yang mengandung atau membawakan ciri – ciri dari konsep yang dipelajari (Elly Estiningsih, 1994). Alat peraga matematika adalah seperangkat benda konkret yang dirancang, dibuat, dihimpiun atau disusun secara sengaja yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengemabangkan konsep – konsep atau prisnsip – prinsip dalam matematika (Djoko Iswadji, 2003). Dengan alat peraga, hal – hal yang abstrak dilihat, dipegang, diputarbalikkan sehingga dapat lebih mudah dipahami. Fungsi utamanya adalah untuk menurunkan keabstrakan konsep agar siswa mampu menangkap arti konsep tersebut. Sebagai contoh, benda – benda konkret disekitar peserta didik seperti buah – buahan, pensil, buku, dan sebagainya. Dengan benda tersebut peserta didik dapat membilang banyaknya anggota dari kumpulan suatu benda sampai menemukan bilangan yang sesuai pada akhir membilang. Contoh lainnya, model – model bangun datar, bangun ruang dan lain sebagainya.
Dari segi pengadaan alat peraga dapat dikelompokkan sebagai alat peraga sederhanan dan alat peraga buatan pabrik. Pembuatan alat peraga sederhana biasanya memanfaatkan lingkungan sekitar dan dapat dibuat sendiri. Sedangkan alat peraga buatan pabrik pada umumnya berupa perangkat keras dan lunak yang pembuatannya memiliki ketelitian ukuran serta memerlukan biaya tinggi.
Suatu hal yang perlu mendapat perhatian adalah teknik penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematka secara tepat. Untuk itu perlu dipertimbangkan kapan digunakan dan jenis alat peraga mana yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Agar dapat memilih dan menggunakan alat peraga sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran, maka diketahui fungsi alat peraga. Secara umum fungsi alat peraga adalah :
1.sebagai media dalam menanamkan konsep – konsep matematkika.
2.sebgai media dalam memantapkan pemahaman konsep.
3.sebagai media untuk menunjukkan hubungan antar konsep matematika dengan dunia di sekitar kita serta aplikasi konsep dalam kehidupan nyata.
2.3Peluang
a.Permutasi
Permutasi adalah susunan unsur – unsur yang memperhatikan urutan. Jika ada n unsur dipermutasikan sebanyak r unsur dengan n > r , dirumuskan

P(n,r) =


b.Kombinasi
Kombinasi adalah susunan unsur – unsur yang tidak memperhatikan urutan. Jika ada n unsur dikombinasikan r unsur dengan n > r , dirumuskan



BAB III
PEMBAHASAN

3.1Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga ”Gelas Bergiwang”
Alat dan Bahan :
a.Gelas aqua
b.Sedotan warna – warni
c.Gunting
d.Kardus
e.Kertas emas
f.Double Tipe
Pembuatan alat peraga gelas bergiwang :
a.Kita siapkan gelas aqua.
b.Kemudian kita potong tepat dibagian yang lengkungannya.
c.Kita siapkan juga sedotan dengan warna yang berbeda – beda.
d.Setelah itu kita gunting dengan ukuran kira – kira 2 cm.
e.Kita siapkan kardus bekas
f.Kardus tersebut kita lapisi dengan kertas emas
g.Kardus tersebut kita beri sekat
h.Kita rekatkan guntingan dengan double tipe
Petunjuk penggunaan alat peraga gelas bergiwang :
a.Ambil sedotan dua warna yang berbeda
b.Beri Instruksi kepada peserta didik:
“Dari dua warna ini: Berapa gelas yang bisa kita beri giwang diberi warna saja ?........Berapa jika dengan dua warna ?...........tiga warna ? dst
Kata kunci :
# Dengan memperhatikan urutan/ letak warna:untuk permutasi
# Tanpa memperhatikan urutan/ letak warna : untuk kombinasi
c.Ulangi dengan menambah warna.
d.Setelah mendemontrasikan alat peraga ini, peserta didik diarahkan pada konsep permutasi dan kombinasi secara teoritis.



3.2 Pembuatan dan Penggunaan Power Point















Background :
untuk membuat background , klik kanan, pilih background




klik fill effects, klik picture, klik select picture,



Pilih gambar yang diinginkan kemudian insert, kemudian klik ok, klik apply.

Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi yang diinginkan.
Effect pada gambar sedotan agar terlihat bergerak, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Motion Paths, klik left, klik Ok.
Effect pada gambar gelas agar terlihat bergerak, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Motion Paths, Klik Right, klik Ok.






Start with previous, Timing pilih Until end of slide, klik Ok





Background :
slide design pilih background klik kanan apply selected area

Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Random Effects













Background :
untuk membuat background , klik kanan, pilih background




klik fill effects, klik Gradient, Preset, pada preset colours pilih Fog, kemudian klik ok, klik apply.





Animasi/effect
Effect pada sedotan , Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Motion Paths, Klik Right, arahkan panah pada tempat yang kita inginkan pada gelas , klik Ok.

Start with previous
















Background :
slide design pilih background klik kanan apply selected area
Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Faded Zoom.
Effect pada gelas, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Motion Paths, Klik Right, arahkan panah pada tempat yang kita inginkan pada gelas , klik Ok.





Background :
slide design pilih background klik kanan apply selected area
Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Strech.


Background :
slide design pilih background klik kanan apply selected area

Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Thread.










Background :
slide design pilih background klik kanan apply selected area

Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Faded Zoom.










Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Thread.
Animasi/effect
Effect pada tulisan, Custom Animation, klik obyek, klik Add Effect, klik Entrance, pilih animasi Thread.
BAB IV
PENUTUP

4.1Simpulan
1.Penggunaan alat peraga (gelas bergiwang) dalam proses pembelajaran untuk materi peluang khususnya pembahasan permutasi dan kombinasi sangat membantu guru dalam memudahkan peserta didik memahami materi tersebut.
2.Penggunaan power point dalam proses pembelajaran untuk materi peluang khususnya pembahasan permutasi dan kombinasi dapat menarik minat peserta didik dalam belajar materi tersebut.

4.2Saran
Ketika menggunakan alat peraga ini sebaiknya disesuaikan dengan materi ajarnya.
ALAT PARAGA
GELAS BERGIWANG


Disusun untuk memenuhi
Tugas mata kuliah
Workshop

Dosen Pembimbing
Drs. Fatoni, M.Si






















Oleh :
Kelompok I

1.Siti Fatimah (075.172)
2.Syukriyalloh (075.191)
3.Umi Shobichah (075.201)
4.Vita Enes E. (075.205)
5.Wahyu Widi A. (075.208)







SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA
JOMBANG
2010

DAFTAR ISI


HALAMAN SAMPUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
1.1Latar Belakang Masalah 1
1.2Batasan Masalah 2
1.3Rumusan Masalah 2
1.4Tujuan 2
1.5Manfaat 2
BAB II KAJIAN TEORI 4
2.1Media Pembelajaran 4
2.2Alat Peraga 5
2.3Peluang 6
BAB III ALAT PERAGA 7
3.1Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga ”Gelas Bergiwang” 7
3.2Pembuatan dan penggunaan Power Poin 8
BAB IV PENUTUP 12
4.1Kesimpulan 12
4.2Saran 12
DAFTAR PUSTAKA

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq serta hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat meyelesaikan proposal dengan judul ” Alat Peraga Gelas Bergiwang ”.
Semoga shalawat serta salam senantiasa terlimpahkan kepada junjungan dan panutan kita Nabi Muhammad SAW yang selalu kita harapkan syafa’atnya di hari kiamat nanti.
Pada kesempatan yang bahagia ini, penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama orang tua dan teman – teman yang telah membantu baik dalam bentuk spiritual maupun material.
Kami meyadari dalam penyusunan proposal ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharap saran dan kritik yang membangun demi kesempurnaan proposal ini.
Semoga proposal yang kami susun ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Amin.





Jombang, Mei 2010


Penyusun


DAFTAR PUSTAKA


Sulistiyono dkk. 2006. Matematika Untuk SMA kelas XI. Jakarta : Gelora Aksara Pratama
Unit Laboratorium Matematika P4TK. Matematika.Unit alat Peraga Matematika.Email :p4tkmatematika@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar